19
Feb
09

ABON IKAN GABUS

ABON IKAN GABUS.

Bahan : – Ikan gabus 1 kg
– Santan dari i buah kelapa secukupnya

Bumbu : – Lengkuas ( laos), serai, ketumbar, kunyit.
– Daun salam, kemiri.
– Bawang putih, bawang merah, garam, gula pasir secukupnya..
Cara membuat :

– Ikan dibersihkan, dipotong tiga bagian lalu direbus sampai matang.
– Semua bumbu diulek halus , kecuali daun salam.

–  Siapkan wajan   untuk memindahkan ikan dari  tempat merebus, untuk memudahkan mengaduk.

– Masukkan santan , bumbu-bumbu,  sekaligus kedalam  tempat rebusan ikan aduk-aduk terus  sampai  agak kering.
– Setelah setengah kering , api dikecilkan .
– Ikan tidak boleh berhenti diaduk, sampai berwarna kuning kecoklatan.
– Abon sudah siap untuk di ma kan .

– Abon atau disebut juga sambal bubuk ikan , sangat enak dimakan untuk sarapan pagi.

– Masukkan ke dalam wadah stoples , agar tidak cepat rusak.


8 Responses to “ABON IKAN GABUS”


  1. May 31, 2010 at 6:29 pm

    If only more than 11 people could read about this..

  2. April 25, 2011 at 7:42 pm

    Bu, saya ijin nyontek resepnya, ya…😀

  3. 3 Linda
    April 26, 2011 at 12:14 pm

    SElamat siang Diyan….yang terbaru, daging ikan sebaiknya di kukus saja gak usah direbus…, jangan direbus biar gak kebanyakan air. jadi keringnya cepat…

    Asda juga di tv ikan patin dan ikan tongkol dibuat juga abon ikan….

    Selamat mencoba, boleh amabil resepnya…..

  4. 4 novita
    July 11, 2011 at 10:57 am

    makasih bunda … resepnya akan saya coba….kebetulan ikan gabus lagi murah…

  5. July 12, 2011 at 2:53 pm

    iya cepat buruan aja Nov..sekarang beli yg banyak..kalao 8 kg, santannya 4 kg..itu akan sangat enak, ..lebih juga sanatannya ebih enak lagi…tks selamat mencoba!

  6. 6 ENY OKTAVIA UNDJUNG
    September 3, 2011 at 12:15 pm

    Halo bunda aku ikutan tertarik nich ama resep abon ikan gabusnya,buat bahan belajar di PKBM saya trims infonya GBU

  7. September 3, 2011 at 6:35 pm

    sama-sama Eny…Tabe ya , smg sukses abon ikan atau namanya sambal bubuk behau…….:))

  8. November 1, 2011 at 2:29 pm

    saya sudah coba bikin Bu… ini sama mama saya. Hmmm, enak, lebih gurih daripada yang dijual di Bandara. Hehehehehe, lumayan buat oleh-oleh teman-teman di Jogja. Makasih ya, Bu…


Leave a Reply

http://anakjalanan.blog.niwakarya.com
Saya terlahir sebagai seorang wanita dari suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah. Berikut ini adalah berbagai pemikiran saya, dari sudut pandang saya sebagai seorang wanita Dayak , terhadap berbagai permasalahan di lingkungan yang menarik perhatian saya.

LANGUAGE

February 2009
M T W T F S S
    Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Terhitung

  • 155,565 pembaca

live traffic feed


