13
May
09

DEDER

PANGINGAT OLOH BAKAS

1 Tege auh handah nyarita

Je akan itah anak tabela.

2. Santar intupampingat bara indu bapa

Itah sakula je ela laya.

3. Sakula te puna baguna

Uka mandino ilmu Patua

4. Kakare ith anak tabela

Keleh maamal je Panca Sila

5. Panca Sila akan Pedoman

Bara Tatu hiang itah huran

6. Baring hurong je bara huran

Adat kilau te eka tau batahan

7.  Kakare auh toh keleh ihaga

Bara wayah toh sampai jeha

8. Samapi hetuh helo auh sarita

Akan kare je tundah kula

9  Auh sarita je baya-baya

Karehinyambung harian jeha.

DEDER adalah  Dendang atau Nyanyian  yang dinyanyikan bersahut-sahutan dapat berbentuk puisi ataun cerita yang  berisikan nasehat, sindiran, atau petua yang apat diiringi  oleh nyanyian.

Sumber : Upon Ajar.

Hanna Pertiwi Spd dan Offeny A Ibrahim


6 Responses to “DEDER”


  1. 1 Misnawati
    March 28, 2011 at 12:27 pm

    Salam kenal. Saya adalah salah satu penikmat sastra lisan yang ada di Kalimantan Tengah. Wah, isi kandungan pesan yang ada dalam “Pengingat Oloh Bakas” bagus bangat. Saya ingin menambah wawasan saya mengenai Deder. Di mana saya bisa mendapatkan data mengenai deder yang akurat. Makasih.

  2. 2 linda
    March 28, 2011 at 10:12 pm

    SElamat malam Misna….terimaksih sudah berkunjung ke blog ibu….nanti ibu carikan ya….ibu juga belum lengkap nih….

    Setahu ibu yg banyak menggali adalah bapak drs Donis Iper….banyak buku2 dijual sampai kamus bhs Ngaju……alamat beliau di jalan Ranying Suring dekat gereja Betania….beliay dosen UNPAR….
    Terimaksih selamat malam semoga sukses ya sayang…..:))

  3. 3 Misnawati
    March 29, 2011 at 2:32 pm

    Makasih banyak ibu cantik dan baik hati. Informasi dari ibu sangat sangat dibutuhkan dan berarti bagi saya.Semoga sukses juga ya bu…! Terus berjuang melestarikan budaya Kalimantan Tengah…!

  4. 4 linda
    March 29, 2011 at 2:50 pm

    Misna ….semoga aku masih ingat cara memasukkan ke blog …kelamaan lupa cara memasukknya…..

  5. 5 Sarman
    February 17, 2012 at 7:03 pm

    Bu bkin pantun dayak dong hehehehe . . . .

  6. 6 linda
    February 26, 2012 at 9:04 pm

    Waduh sarman….ibu gak pintar bikin pantun….cma mengisi punya teman2 aja….semoga bermanfaat ya….tkssssss


Leave a Reply

http://anakjalanan.blog.niwakarya.com
Saya terlahir sebagai seorang wanita dari suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah. Berikut ini adalah berbagai pemikiran saya, dari sudut pandang saya sebagai seorang wanita Dayak , terhadap berbagai permasalahan di lingkungan yang menarik perhatian saya.

LANGUAGE

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Terhitung

  • 155,565 pembaca

live traffic feed


