06
Jun
09

SUSUR SUNGAI

SUSUR SUNGAI KAHAYAN

Tahun 1967  pernah datang ke Palangkaraya Penyanyi Onny Suryono, Tuti Subarjo, Erni Johan  dan Lilis suryani. Mereka sempat  menikmati hijaunya  hutan  dan beningnya air  sungai . Berdayung naik perahu   susur sungai  di sungai Kahayan dengan panitia ,sehingga  muncullah  lagu  SUNGAI KAHAYAN yang sangat terkenal  dinyanyikan oleh ONNY Suryono .

Tahun 1999 ,  kami dengan sanggar tempun Tiawun,  Nono, Si Kembar  penari ,bu Ida Rumsah,dll  mengadakan susur sungai.

Pagi hari semua sudah siap di  Pelabuhan Rambang tempat perahu  bertambat. Tetapi sudah mendekati jam 9.00 pagi ….. cuaca mulai tidak bersahabat , langit  mulai  mendung …..gelap  tidak lama ……byurrrrrr…. Hujan lebat turun tidak terkira.

Hati kami riang gembira walaupun hujan.tapi  :”:…mana ya  ……hmmm….ada rombongan yang belum datang, dari Panti Asuhan Budi Mulia Bukit Hindu, belum datang !…tunggu dulu  sambil menunggu hujan berhenti , tunggu aja anak-anak.

Cek dulu apa yang dari Panti Asuhan Pandohop sudah datang belum ?.”

“ sudah bu ….. sudah datang dari Pandohop “ kata Nono.

Anak-anak semua duduk manis menunggu  cuaca membaik. “ Anak-anak salaman dulu sama ibu, bagaimana  semua sudah  sarapan ? “ …..” sudah buuu “…

Hujan mulai berkurang , masih rintik-rintik  , mobil dari panti Asuhan tiba , anak berloncatan keluar, berlari menghindar hujan.

“ Gimana pak kita bisa berangkat ? walaupun hujan  ?” saya bertanya,” oh bisa bu  di kapal  bagus tidak bocor “ “ Ayo anak-anak kita berangkat , pelan ya  basah bisa licin jembatannya….hupp….hati-hati….nah sudah semua masuk perahu….

Kapalpun berangkat, seraya  membunyikan gong musik dari Sanggar  Tempun Tiawun, dong dong dong….dong dong dong…. Nono Cs memukul goong dengan nyaring karena hujan ….wajah anak-anak semua berseri walaupun ada yang berpeluk tubuh.

“ Siapa yang belum pernah naik kapal ?  banyak ??…ayo kita  susur sungai Kahayan….nah  anak-anak lihat kita sekarang  berangkat bersama ibu Linda, dengan  Sanggar penari Tempun Tiawun pimpinan bu Linda dan bu Ida ,duduk yang rapi ya … lihat disana sebelah kanan ..… itu banyak sekali Keramba Ikan, penduduk disitu  kerja nya sehari-hari  mengurus keramba ikan, ikannya dijual dipasar,supaya kita sehat  harus makan ikan……ya kan ? “ yaaaaa “ anak2 menyahut.

“Nah itu di sebelah kiri , lihat …” siapa yang tahu? “Gak tau bu …” itu Palangkaraya!”

“ Dulu disitu  dibekas lokasi kebakaran di pinggir sungai Kahayan  ini…daerah  jalan Kalimantan    ada Mess Daerah tempat dimana mantan Presiden Sukarno menginap. Ada kapal Besar  tempat  pegawai bisa menginap juga., yang dikelola oleh Mina Indu Iwi . Saat Sukarno datang  , beliau   disiapkan hidangan masakan Dayak, kue Untuk-Untuk yang  diantar oleh  si kecil Nella  putri Ibu Tining.”

“Nah…. Disebelah atas lagi….. sana tuh….. itu  Kantor PLN, listrik kita supaya terus menyala biar  tidak gelap ….takut  nggak kalau malam gelap…..”, “ takutttt……”,

“dan Kantor PDAM  mengelola air supaya  air kita bersih dan sehat “.

“ ayo anak-anak….. kita  hangatkan badan minum dulu…. Ini ada kue   dan nanti kita makan siang ya……”

Tok tok tok…..ko tok  tok….hujan tetap rintik dan semakin lebat……..

“Lihat  itu  yang agak jauh…. Namanya gedungDPRD… didepannya  adalah TUGU Peringatan Lahirnya Kalimantan tengah  yang diresmikan  oleh Ir .Sukarno  Presiden RI I , tahun 1957 , ………itu … ada jembatan panjang  didepannya  kita bisa berjalan di jembatan itu. Siapakah anak-anak sudah pernah masuk  kegedung DPR dan melihat dari dekat   Tugu ? “ ,serempak  mereka menyahut : “belummmm bu ……” “Nah beruntungkan  kalian sudah melihat dari jauh  , nanti suatu waktu  kita  berkunjung kesana. Nah disana itu  kalau kedalam adalah pasar Kahayan , tu…jauh disana….. .

Kami  sampai  didaerah  pinggiran ekarang  Pelabuhan  pesawat capung  kami memutar kembali…… seraya   menyantap  nasi kotak  dan  bernyanyi  melawan suara hujan rintik.

Anak-anak senang sekali  kami kembali  ke Palangkarya , wahhh….. hari masih hujan. Terimaksih bapak  …. Telah mengantar anak-anak berwisata pakai kelotok bapak ….Selamat siang  ….. da dag…..!!anak-anak !!

Kita bersyukur sekarang Palangkaraya  sudah mempunyai Kapal  Wisata Susur Sungai, dimana masyarakat bisa bersantai  membuang kejenuhan pekerjaan rutin dengan  santai  di kapal motor.

Perlu sekali  Dinas Pariwisata  Provinsi dan Kota  membenahi   daerah pinggiran sungai menjadi   daerah wisata  dengan  aneka tempat  hiburan untuk anak-anak, banyak pilihan tempat  makan, syahdu di waktu malam dengan kerlap kerlip lampu…..

Semoga  tahun 2009 lebih  semarak suguhan  tepat wisata di Kota Palangkaraya karena  warga haus hiburan khususnya  seperti  anak-anak Panti Asuhan y atimpiatu, mereka sangat perlu menambah  wahana ilmu dan pengalaman  melihat, belajar dan tahu tentang  Gedung bersejarah,  Tempat bersejarah   dan Benda purbakala  bersejarah , untuk lebih meningkatkan rasa nasionlisme , jati diri, bahwa mereka  adalah anak-anak Kkalteng yang  sangat dibanggakan  dan menjadi aset daerah sehingga  mereka  lebih percaya diri dan berani menghadapi masa depan  dengan martabat  yang tinggi dan luhur karena ditanamkan sejak  kecil.

.


4 Responses to “SUSUR SUNGAI”


  1. March 16, 2010 at 2:17 pm

    hai ayam.kau tengah buat apa?

  2. March 29, 2010 at 10:24 pm

    i like it mom….kapan lagi kita akan melestarikan dan memajukan parawisata kalimantan

  3. April 25, 2011 at 7:44 pm

    dikasih foto, pasti jadi lebih Oke, Bu…🙂

  4. 4 Linda
    April 26, 2011 at 12:16 pm

    iya terimaksih..nanti ibu masukkan fotonya ya……hehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



http://anakjalanan.blog.niwakarya.com
Saya terlahir sebagai seorang wanita dari suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah. Berikut ini adalah berbagai pemikiran saya, dari sudut pandang saya sebagai seorang wanita Dayak , terhadap berbagai permasalahan di lingkungan yang menarik perhatian saya.

LANGUAGE

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Terhitung

  • 155,565 pembaca

live traffic feed


%d bloggers like this: